Selasa, 25 Oktober 2011

Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Para Pakar Pendidikan seringkali menegaskan bahwa guru merupakan sumber daya manusia yang sangat membutuhkan keberhasilan program pendidikan. Menurut mereka, apapun yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pasti meningkatkan mutu pendidikan tidak mungkin ad tanpa peningkatan kualitas performansi gurunya. Oleh karna itu, menurut mereka, peningkatan kualitas performansi guru mutlak harus dilakukan secara terus menerus dalam rangka peningkatan mutu pendidikan disekolah. Penegasan tersebut mengisyaratkan betapa pentingnya keberadaan seorang guru yang mampu mengelola proses belajar mengajar secara profesional disekolah. Namun tidak berarti bahwa keberadaan unsur-unsur lainnya tidak begitu penting bagi peningkatan mutu pendidikan disekolah. Gorton (1776) didalam bukunya menegaskan the physical environment in wich we work can and influence what we do and how we feel. Dengan demikian berarti bahwa pembinaan kemampuan guru itu memang diperlakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan disekolah. Namun dalam rangka itu pula disekolah perlu adanya layanan propesional dibidang sarana dan prasarana kerja bagi guru dalam menerapkan kemampuannya secara maksimal. Sarana dan prasarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolak ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih. Manajemen sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam menunjang tujuan pendidikan yang sekaligus menunjang pembangunan nasional, oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman konseptual yang jelas agar dalam implementasinya tidak salah arah. Bagi guru, pemahaman tentang pengelolaan sarana dan prasarana akan membantu memperluas wawasan tenatang bagaimana ia dapat berperan dalam merencanakan, menggunakan dan mengevaluasi sarana dan prasarana yang ada sehingga sarana dan prasarana tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan. Sejalan dengan kerangka berfikir diatas maka keberadaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik sangat diperlukan disekolah. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana semua pasilitas sekolah selalu dalam kondisi siap pakai. Hal itu sangat menunjang bagi teraktualisasikannya kemampuan profesional guru yang merupakan syarat mutlak upaya peningkatan mutu pendidikan disekolah. B. Batasan Masalah Dalam penulisan makalah ini dibatasi pada manajemen sarana dan prasarana sekolah yaitu: 1. Bagaimana Pemetaan sekolah, Syarat Mendirikan Rumah Sekolah, Syarat rumah sekolah yang baik dan cara pemiliharaannya. 2. Bagaimana mengupayakan sarana dan prasarana disekolah. 3. Bagaimana Mengupayakan pemakaian sarana dan prasarana sekolah. 4. Bagimana Mengupayakan pemiliharaan sarana dan prasarana sekolah. C. Tujuan Penulisan Makalah Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penulisan ini diarahkan untuk : 1. Untuk mengetahui Bagaimana Pemetaan sekolah, Syarat Mendirikan Rumah Sekolah, Syarat rumah sekolah yang baik dan cara pemiliharaannya. 2. Untuk Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah. 3. Untuk Mengupayakan Pemakaian sarana dan prasarana sekolah secara tepat dan efisien. 4. Untuk mengupayakan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, sehingga keberadaannya selalu dalam kondisi siap pakai dalam setiap diperlukan oleh semua personil sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews